Home » » 3 DESA DI CIKIJING KAB. MAJALENGKA TERENDAM BANJIR

3 DESA DI CIKIJING KAB. MAJALENGKA TERENDAM BANJIR

Written By SK BUSER on Senin, 25 Januari 2010 | 04.56


Selasa (12/1) di wilayah cikijing diguyur hujan lebat, sekitar lima ratusan rumah penduduk terendam banjir di sejumlah desa di Kecamatan Cikijing Kab. Majalengka akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini. Selain itu, banjir merendam sekitar seratus hektare (ha) lebih areal tanaman padi yang berusia satu setengah bulan.
Berdasarkan pemantauan SKM BUSER, Selasa (12/1) dan Rabu (13/1), terendamnya areal tanaman padi itu akibat luapan air dari tiga sungai yang saling berdekatan dan melintas di beberapa desa, masing-masing Desa Banjaransari, Sukamukti, Kasturi, Jagasari dan Bagjasari. Ketiga sungai yang kondisinya sangat dangkal itu adalah Sungai Cilutung, Cilancang, dan Cisorogan.

Banjir merendam pula sekitar seratus hektare lebih lahan perkebunan jagung. Tak hanya itu, kurang lebih dua ratus kolam ikan milik petani juga terkena banjir dan ikannya terbawa hanyut.
Meski demikian, luapan air yang mencapai tujuh puluh sentimeter (cm) hingga satu meter di beberapa lokasi kini sudah surut. Begitu pun warga yang rumahnya sempat terendam, Rabu (13/1) pagi sudah membersihkan rumahnya dari genangan air dan lumpur.
Menurut Camat Cikijing, Maman Rukmana, banjir tahunan yang tergolong cukup besar tersebut juga menyebabkan dua rumah penduduk yakni milik Ma`mun (50) dan Unsa (50) di Desa Bagjasari anjlok sekitar 30 cm.
Maman menjelaskan, banjir terjadi sekitar pukul 15.15 WIB atau sekitar 15 menit setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat. Saat itu, air Sungai Kasturi langsung meluap dan membanjiri permukiman penduduk dan puskesmas.“ Hujan berlangsung sekitar satu jam. Jalur mulai dibuka dan bisa dilalui sejak pukul 17.00 WIB.
Ia menilai, upaya yang harus dilakukan adalah pengerukan ketiga sungai itu. "Jika tidak, langkah yang harus diambil adalah membuat tanggul buatan dengan menumpuk karung di sepanjang aliran sungai yang berdekatan dengan permukiman penduduk," katanya. Bagus/majalengka
javascript:void(0)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MAJALENGKA budidaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger